Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Analisis SWOT, STP, dan 4P Salon Kecantikan

 Analisis SWOT, STP, dan 4P Salon Kecantikan
 
Sumber Gambar : www.unsplash.com

Siapa yang tidak tahu salon kecantikan ? ya, pasti semuanya tahu terutama bagi kaum wanita.  Salon kecantikan ini merupakan sebuah usaha dalam bentuk jasa yang menyediakan pelayanan perawatan baik untuk pria maupun wanita, seperti perawatan rambut, wajah, perawatan kuku, dan lain-lain. Salon kecantikan ini juga merupakan fasilitas untuk mempercantik diri dengan jangka waktu yang relatif cepat. 

Salon kecantikan ini memang sudah tidak asing lagi dikunjungi oleh banyak masyarakat baik pria maupun wanita. Karena memiki penampilan yang menarik adalah impian semua orang, maka dari itu banyak sekali yang pergi ke salon kecantikan. Selain itu setiap orangpun pasti menaruh perhatian pada diri sendiri, salah satunya dengan perawatan khususnya pada kaum wanita. 

Lalu apa saja ya analisis SWOT, STP, dan 4P pada salon kecantikan ? Berikut analisisnya :

A. Analisis SWOT

1. Strength

Lokasi mudah diakses dan mudah ditemukan
Ada juga yang berlokasi di Mall
Produk yang diberikan pada pelanggan produk yang bagus dan berkualitas
Pelayanan yang ramah dan baik dari para pegawai
Diminati oleh banyak masyarakat

2. Weaknes

Harga yang ditawarkan sedikit mahal

3. Opportunity 

Banyak menarik perhatian masyarakat
Menciptakan inovasi gaya kecantikan dengan trend terbaru

4. Threat

Banyaknya pesaing

B. Analisis STP

1. Segmentation 

Segmentasi Geografis : Salon kecantikan biasanya terletak dilokasi yang strategis, di Mall atau dilokasi yang mudah diakses
Segmentasi Demografis : Salon kecantikan biasanya dikunjungi oleh wania maupun pria biasanya yang pergi ke salon kecantikan diatas umur 17 tahun
Segmentasi Status Sosial : Salon kecantkan biasanya dikunjungi oleh masyarakat kelas menegah dan kelas menengah atas
2. Targeting 

Target pasar pada salon kecantikan yaitu wanita dan pria, mahasiswa, pegawai, PNS, wiraswasta, dan ibu rumah tangga

3. Positioning

Menyediakan pelayanan perawatan kecantikan seperti perawatan rambut, wajah, perawatan kuku, dan lain-lain serta pelayanan para pegawai yang ramah sehingga membuat pelanggan merasa nyaman

C. Analisis 4P

1. Product

Produk makeup dan sebagainya yang dipakai oleh salon kecantikan memiliki kualitas yang baik dan bagus. Salon kencantkan memakai banyak merk produk untuk melengkapi kebutuhan setiap pelanggan. 
2. Place

Biasanya salon kecantikan ini ada di Mall serta di lokasi yang mudah diakses atau mudah ditemukan dan terlihat oleh masyarakat

3. Price

Salon kecantikan menarifkan harga sedikit mahal dan tergantung pada setiap jenis perawatan yang dipilih oleh pelanggan

4. Promotion

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi salon kecantikan juga melakukan promosi di sosial media, tetapi salon kecantikan juga melakuka promosi melalui poster, majalah dan brosur



Itulah analisis SWOT, STP, dan 4P pada salon kecantikan
Terima kasih sudah membaca



Posting Komentar

0 Komentar

Scarlett Charming Body Lotion - Review