Analisis
SWOT, STP, dan 4P Salon Kecantikan Sumber Gambar : www.unsplash.com
Siapa yang tidak tahu salon kecantikan ? ya, pasti semuanya tahu terutama bagi kaum wanita. Salon kecantikan ini merupakan sebuah usaha dalam bentuk jasa yang menyediakan pelayanan perawatan baik untuk pria maupun wanita, seperti perawatan rambut, wajah, perawatan kuku, dan lain-lain. Salon kecantikan ini juga merupakan fasilitas untuk mempercantik diri dengan jangka waktu yang relatif cepat.
Salon kecantikan ini memang sudah tidak asing lagi dikunjungi oleh banyak masyarakat baik pria maupun wanita. Karena memiki penampilan yang menarik adalah impian semua orang, maka dari itu banyak sekali yang pergi ke salon kecantikan. Selain itu setiap orangpun pasti menaruh perhatian pada diri sendiri, salah satunya dengan perawatan khususnya pada kaum wanita.
Lalu apa saja ya analisis SWOT, STP, dan 4P pada salon kecantikan ? Berikut analisisnya :
A. Analisis SWOT
1. Strength
• Lokasi mudah diakses dan mudah ditemukan
• Ada juga yang berlokasi di Mall
• Produk yang diberikan pada pelanggan produk yang bagus dan berkualitas
• Pelayanan yang ramah dan baik dari para pegawai
• Diminati oleh banyak masyarakat
2. Weaknes
• Harga yang ditawarkan sedikit mahal
3. Opportunity
• Banyak menarik perhatian masyarakat
• Menciptakan inovasi gaya kecantikan dengan trend terbaru
4. Threat
• Banyaknya pesaing
B. Analisis STP
1. Segmentation
• Segmentasi Geografis : Salon kecantikan biasanya terletak dilokasi yang strategis, di Mall atau dilokasi yang mudah diakses
• Segmentasi Demografis : Salon kecantikan biasanya dikunjungi oleh wania maupun pria biasanya yang pergi ke salon kecantikan diatas umur 17 tahun
• Segmentasi Status Sosial : Salon kecantkan biasanya dikunjungi oleh masyarakat kelas menegah dan kelas menengah atas
2. Targeting
• Target pasar pada salon kecantikan yaitu wanita dan pria, mahasiswa, pegawai, PNS, wiraswasta, dan ibu rumah tangga
3. Positioning
• Menyediakan pelayanan perawatan kecantikan seperti perawatan rambut, wajah, perawatan kuku, dan lain-lain serta pelayanan para pegawai yang ramah sehingga membuat pelanggan merasa nyaman
C. Analisis 4P
1. Product
• Produk makeup dan sebagainya yang dipakai oleh salon kecantikan memiliki kualitas yang baik dan bagus. Salon kencantkan memakai banyak merk produk untuk melengkapi kebutuhan setiap pelanggan.
2. Place
• Biasanya salon kecantikan ini ada di Mall serta di lokasi yang mudah diakses atau mudah ditemukan dan terlihat oleh masyarakat
3. Price
• Salon kecantikan menarifkan harga sedikit mahal dan tergantung pada setiap jenis perawatan yang dipilih oleh pelanggan
4. Promotion
• Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi salon kecantikan juga melakukan promosi di sosial media, tetapi salon kecantikan juga melakuka promosi melalui poster, majalah dan brosur
Itulah analisis SWOT, STP, dan 4P pada salon kecantikan
Terima kasih sudah membaca
Baca Juga : Analisis Segmentasi Go-jek
0 Komentar